Modem

Rabu, 11 Mei 2011
www.tips-fb.com
Tips Memilih Modem CDMA dan GSM
Pada saat ini banyak cara untuk dapat mengakses internet, salah satunya dengan berlangganan akses internet menggunakan provider cellular. Jika anda tertarik dan berniat membelinya, ada baiknya anda mencari informasi dan referensi terlebih dahulu provider apa yang sesuai dengan kebutuhan berinternet anda.

Jika anda memilih modem CDMA dan GSM sebagai akses internet, berikut ini tips yang layak anda simak.

Pahami letak geografis anda.

Letak geografis sangat berpengaruh bagi akses internet CDMA, karena lokasi menggunakan modem menentukan kualitas akses internet. Semakin dekat lokasi anda dengan BTS, semakin baik pula koneksi internet yang anda dapatkan. Begitu juga dengan jumlah pelanggan, semakin sedikit pelanggan, koneksi juga semakin baik.

Ketahui frekuensi sinyal operator.
Di Indonesia, CDMA dibedakan menjadi dua garis besar yaitu frekuensi 800MHz (yang dipakai Flexi, Esia, Star-One, Fren dan Mobile-8) dan 1900MHz (yang dipakai Smart). Frekuensi ini berhubungan dengan modem yang akan anda pakai. Jika anda ingin menggunakan smart maka gunakan modem yang bekerja pada frekuensi 1900MHz. Karena modem yang digunakan operator smart tidak bisa digunakan pada provider yang lain seperti Esia, Flexi atau yang lain. Begitu juga sebaliknya.

Pilih modem yang berkualitas.
Di pasaran banyak sekali varian modem yang dijual. Hal ini tentu membuat kita kesulitan menentukan pilihan. Tips terbaik untuk membeli modem adalah dengan menyimak review modem tersebut. Semakin banyak orang menyarankan sebuah merk modem, berarti modem tersebut semakin berkualitas. Oleh karena itu, ada baiknya blogwalking terlebih dahulu atau keluar masuk forum komputer dan internet, untuk mendapatkan referensi terbaik.

Tentukan budget anda.

Kualitas lebih penting dari pada budget. Jangan pertaruhkan uang anda dengan modem yang kurang berkualitas, hanya gara-gara anggaran tidak mencukupi. Lebih baik anda menunda membeli modem demi mendapatkan modem berkualitas. Karena kenyamanan akses sangat dibutuhkan dalam beriniernet, seperti halnya kenyamanan disaat anda berkendara di jalan raya.

Pastikan bergaransi.

Hal ini juga merupakan hal penting yang terkadang tidak begitu di perhatikan. Garansi akan bermanfaat ketika modem kita bermasalah. Hal ini sangat wajar mengingat modem tidak hanya digunakan sehari dua hari, namun modem akan kita gunakan dalam jangka lama. Jadi sedia payung sebelum hujan berlaku disini.

beberapa jenis modem :

Huawei E220

Dengan desain yang kecil dan kecepatan tinggi, Huawei E220 USB Modem mengubah mode mini untuk kaum elite. Fitur penciptaan yang tak tertahankan yang sedap dipandang mata desain ramping dan besar kecepatan hingga 3.6Mbps. Dengan kabel USB dapat digunakan oleh kedua laptop dan komputer desktop.

Spesifikasi

Fitur

* HSDPA/UMTS/EDGE/GPRS/GSM
* HSDPA packet data service with a maximum transmission rate of 3.6Mbps
* UMTS packet data service with a maximum transmission rate of 384kbps
* EDGE packet data service with a maximum transmission rate of 236.8kbps
* SMS service
* Auto installation, convenient for use

Kecepatan

* Download = 7.2 Mbps
* Upload = 384 Kbps

Spesifikasi Frekwensi

* HSDPA/UMTS 2100MHz
* GSM/GPRS/EDGE 900/1800/1900MHz

Operating System

* Windows 2000, Windows XP, Windows Vista & Mac OS

Berat: < 50 g Harga: $ 56.00 Sierra Wireless Compass 885U 


Modem USB Sierra Wireless Compass 885U
Modem USB Sierra Wireless Compass 885U yang mulus ini menawarkan kecepatan tinggi dalam koneksi nirkabel baik untuk Mac, Windows baik dengan menggunakan Komputer Desktop maupun Laptop di jaringan HSUPA. Ini modem USB yang simple yang meliputi TRU-Instal, tidak ada CD instalasi, memori MircoSD.

Fitur

* Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps (upgradeable to 5.76 Mbps) Wireless download speed up to 7.2 Mbps and upload to 2 Mbps
* Familiar USB connection
* Small, durable, fixed design
* microSD memory expansion slot
* TRU-Install, automatic software installation

Kecepatan

* Max. Download = 7.2 Mbps
* Max. Upload = 2 Mbps

Jaringan

* HSDPA, HSUPA, UMTS, EDGE, GPRS, GSM

Operating System

* Mac OS X, Windows 7, Windows 7 Mobile Broadband, Windows Vista, Windows XP

Berat: 30 g

Harga: $ 61.00
Kesimpulan

Selain dari kesamaan fitur yang ditawarkan dari masing-masing produk dan dari hasil review, saya rekomendasikan untuk memilih modem Sierra Wireless Compass 885U. Karena modem Sierra Wireless Compass 885U lebih tahan panas, juga sudah ada WLAN (Wi-Fi Build in), slot MircoSD dan ROHS Compliant (ramah lingkungan).

Dan perlu digarisbawahi, untuk memperoleh kecepatan yang maksimal maka ada kaitannya dengan ISP (Internet Service Provider) apa yang anda pakai. Baik itu Telkomsel Flash, Indosat M2, atau XL Unlimited. Dan seberapa kuat sinyal yang didapat dan pemakai fasilitas masing-masing ISP di daerah itu.

# PANTECH PX-500 PCMCIA/USB 2.0


pack_lengkap Modem ini merupakan paket penjualan dari mobile-8. Berikut ini adalah spesifikasi dan deskripsi modem tersebut.

Spesifikasi :
Dimensi : 4.57 x 2.13 x 0.51 inch
Embedded dual band RX diversity antenna
Sistem Operasi : Windows XP/Vista

Kecepatan Download / Upload
CDMA 1x : 153 kbps / 153 kbps
EVDO rev 0 : 2.4 Mbps / 153 kbps
EVDO rev A : 3.1 Mbps / 1.8 Mbps

Paket penjeualan sudahtermasuk :
Modem EVDO REV.A (3,5G CDMA)
Tarif murah Rp 0,1/Kb di jam online.
Nomor Mobi berisi quota 1 Gb.

HARGA : Rp.499 RIBU

Bridge BRG U-100


Modem ini merupakan jenis modem wimode (esia) dengan harga yang cukup murah. Kecepatan yang ditawarkan hingga 230,4 kbps. Selain itu juga dilengkapi denga fitur telp dan sms. Kartu memory t-flash juga bisa dibaca dengan modem ini Garansi yang ditawarkan adalah 12 bulan dan jika mengalami kerusakan sebelum 30 hari bisa langsung ditukar.

HARGA : Rp. 385 RIBU

Huawei EC-325


HUAWEI1Huawei EC-325 juga merupakan peketan dari wimode. Dengan harga yang sedikit lebih mahal tapi dengan tampilan yang lebih elegant. Kecepatannaya adalah sekitar 230,4 kbps. Garansi yang ditawarkan sama dengan modem Bridge BRG U-100.

HARGA : Rp.495 RIBU

Sungil SXC 1080


sungil1Modem ini juga merupakan salah satu paket penjualan dari wimode. Berat modem ini ringan dan dibungkus dengan tampilan warna hitam. Dilengkapi juga dengan menu phonebook dan dan catatan penggunaan kamu sehingga waktu berinternet yang kamu lakukan bisa terkontrol.

HARGA : Rp.385 RIBU

sumber :
http://aspal07.com/2009/06/16/beberapa-pilihan-modem-cdma-dengan-harga-murah/
dan berbagai sumber lain

0 masukan:

Posting Komentar

 

Entri Populer

Copyright © ♥•*¨*•.¸¸Pelangi Ukhuwah¸¸.•*¨*•♥ All Rights Reserved • Design by Dzignine
best suvaudi suvinfiniti suv