Alex Tew, berawal dari Uang Kuliah

Sabtu, 14 Mei 2011
www.tips-fb.com
Apakah Anda pernah menonton teievisi yang semua acaranya iklan saja, atau melihat majalah yang halaman demi halamannya hanya menampilkan iklan? Siapakah orang yang pertama kali berpikir tentang hal itu? Alex Tew jawabannya, ia adalah orang yang pertama kali menemukan ide ini. Ia membuat sebuah situs yang khusus memuat tentang iklan yang polanya diikuti beberapa te­levisi dan majalah. Ide brilian Alex Tew ini terbilang sukses karena situsnya yang diberi nama milliondollarhomepage.com telah menghasilkan pendapatan iklan dengan jumlah lebih dari 1 juta dollar Amerika Serikat. Jumlah pendapatan tersebut ia raih dengan menjual pixel ruang gambar untuk setiap iklan yang dimuat di website-nya.

Alex Tew lahir di Inggris pada 1984. la tumbuh dan besar di Cricklade, Wiltshire, Inggris di tengah keluarga dengan tingkat ekonomi yang sederhana. Ketika menginjak tahun ketiga belajar di jurusan Manajemen Bisnis Universitas Nottingham, Alex Tew bingung memikirkan biaya kelanjutan pendidikannya. Disamping itu, ia juga terus dibayang-bayangi "mimpi buruk" bahwa setelah ­kuliahnya nanti, selama bertahun-tahun ia harus mengembalikan biaya pendidikannya yang banyak berasal dari pinjaman.

Hingga suatu hari pada 26 Agustus 2005, ketika itu Alex Tew masih berusia 21 tahun, ia memutuskan untuk merilis sebuah situs yang di dalamnya khusus memuat iklan. Situs milik Alex Tew yang dinamai milliondollarhomepage.com ini mempunyai ruang gambar sebanyak 1 juta pixel. Ia lalu menjual setiap pixel ruang gambar yang ada di situsnya kepada pihak yang ingin beriklan.

Alex memang cerdas, sebelum ia menjual pixelnya, ia sempat berpikir menentukan mata uang yang tepat agar jualannya ­tersebut cepat laku. Alex berpikir bahwa mata uang dollar Ame­rika Serikat (AS) lebih terkenal dan sering digunakan bertransaksi daripada mata uang Poundsterling Inggris. Apalagi dengan kurs poundsterling yang lebih mahal dari dolar AS, Alex yakin penjualan pixel-nya akan berjalan kurang efektif jika ia menjual dengan mata uang negerinya sendiri.

Setelah itu, Alex membagi 1 juta pixel yang ada di milliondollarhomepage.com menjadi  beberapa bagian, masing-masing berukuran 10 x 10 pixel. Selanjutnya, ia menjual setiap 1 pixel-nya dengan harga 1 dollar AS. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka untuk setiap iklan yang berukuran 10 x 10 pixel, ia akan mengantongi 100 dolar AS.

Alex Tew tidak hanya berpikir bagaimana meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. la juga memikirkan bagaimana memberi kepuasan kepada pihak pembeli ruang iklan di situsnya. Untuk itu, ia merancang situsnya tidak hanya sebagai tempat me­majang iklan semata. Setiap iklan yang terpampang di situsnya diberi link yang terhubung langsung dengan situs induk si pemasang iklan. Jadi, setiap pengguna internet yang mengklik (mengunjungi) iklan tertentu di situsnya, mereka juga akan diajak memasuki situs perusahaan pemasang iklan. Alex tak lupa menerapkan strategi membangun kepercayaan para klien yang memasang iklan terhadap situsnya. la mengatakan kepada semua perusahaan yang telah memasang iklan, bahwa situs miliknya itu akan tetap online paling sebentar selama lima tahun.

Alex melakukan promosi situsnya, milliondollarhomepage.com tersebut dengan sangat gencar. Baru tiga hari dirilis, milliondollarhomepage.com mendapat konsumen pertama, yaitu sebuah situs musik online yang dikelola salah seorang teman Alex. Teman Alex tersebut membeli ruang iklan sebanyak 400 pixel, Alex pun memperoleh pendapatan perdana sejumlah 400 dolar AS.

Awal yang baik ternyata tidak selamanya menjamin kelancaran bisnis situs iklan Alex. Penjualan pixel-nya berjalan Iambat karena metode pemasarannya lebih banyak dengan berpromosi dari mulut ke mulut. Menghadapi kondisi ini Alex tak patah arang. Ia terus berusaha menjual pixel-nya. Situsnya sedikit demi sedikit mulai diminati beberapa perusahaan untuk beriklan. Pelan tetapi pasti, pixel-pixel-nya mulai banyak terjual.

Setelah penjualan pixel-nya mencapai seribu dolar AS hanya dalam waktu kurang-lebih sebulan, sebuah anugerah yang tak diduga menghampiri Alex. Stasiun televisi dan radio BBC meliput usaha yang dijalankan Alex Tew. Tak lama kemudian, tepatnya akhir September 2005, sebuah situs berita teknologi bernama The Register memuat dua artikel tentang Million Dollar Home­page, situs iklan milik Alex. Dengan situsnya diliput beberapa me­dia, Alex sama saja dibantu beriklan secara "gratis".

"Iklan gratis" dari beberapa media untuk situs Alex mem­buat penjualan pixel-pixel-nya semakin kencang. Bahkan, pen­jualan-penjualan pixel-nya di bulan September 2005 tersebut di­tutup dengan pemasukan mencapai 250 ribu Dolar AS. Pada pe­riode itu pula, milliondollarhomepage.com sempat menduduki pe­ringkat ke-3 di catatan statistik Alexa (situs yang menampilkan peringkat situs-situs yang banyak dikunjungi) untuk kategori Mover and Shaker.

Sebulan sesudah profil situs iklan Million Dollar Homepage dimuat media, tepatnya 6 Oktober 2005, situs milik Alex itu telah menerima 65 ribu orang anggota, dengan jumlah situs lain yang telah ter­hubung ke link-nya, men­capai 1.465 situs. Pada 11 Oktober 2005, anggota si­tusnya terus melonjak hing­ga mencapai lebih dari 100 ribu orang. Semakin terkenalnya situs milik Alex berbanding lurus dengan penjualan pixel­nya. Pada 26 Oktober 2005, atau dua bulan setelah peluncuran­nya, Million Dollar Homepage telah mampu menjual lebih dari 500.900 pixel kepada 1.400 konsumen.

Puncaknya pada akhir Desember 2005,bertepatan dengan perayaan malam tahun baru, Million Dollar Homepage telah mam­pu menjual 999 ribu pixel miliknya, dan menduduki peringkat 127 pada statistik Alexa untuk total seluruh situs yang paling banyak dikunjungi. Untuk 1000 pixel terakhir, Alex melelangnya untuk siapa saja yang berani membayar dengan harga tertinggi. Peme­nang lelang sekaligus pembeli terakhir pixel-nya adalah Million­DollarWeightLoss.com, sebuah toko online yang menjual produk untuk diet. Mereka berhasil memenangkan dengan tawaran sebe­sar 38.100 dolar AS.

Million Dollar Homepage telah mencetak pemasukan kotor mencapai 1.037.100 dolar AS hanya dalam tempo lima bulan saja. Setelah dipotong biaya pajak dan beberapa sumbangan untuk badan amal, Alex Tew mendapat pemasukan bersih sekitar 650 ribu-700 ribu dolar AS dari bisnis briliannya ini.

Beberapa perusahaan yang memasang iklan mereka di Mil­lion Dollar Homepage antara lain; Bonanza Gift Shop, Panda Softw­are, Wal-Mart; The High Cost of Low Price, British School Karting Championship, Book of Cool, Orange, The Times, Cheapflight.com, Schiffer Publishing, Rhapsody, Tenacious D, GoldenPalace.com, 888.com, Independiente Records, Yahoo!, serta beberapa situs kencan dan situs desain.
Hingga begitu fenomenalnya Million Dollar Homepage, ba­nyak media di Inggris telah meliputnya. Mereka antara lain; BBC Online, The Register, The Daily Telegraph, PC Pro, Sky News Sun­rise, dan BBC Breakfast. Sejumlah media di luar Inggris tak ketinggalan ikut memberitakanya, diantaranya Financial Times Deutsc­hland (Jerman), TVNZ (Selandia Baru), Terra Networks (Amerika Latin), China Daily (Cina), Adweek (AS), Florida Today (AS), Wall Street Journal (AS), ABC News Radio (AS), dan Fox News Channel (AS).

Siapa yang menyangka, bisnis yang semula dijalankan Alex Tew hanya untuk membayar uang kuliahnya, kini berubah menjadi "mesin uang". Bahkan, bisnis tersebut menjadikan Alex Tew se­bagai salah satu pengusaha muda terkaya di dunia. Dan kini, me­tode penjualan pixel sebagaimana dijalankan Alex telah banyak ditiru oleh situs-situs lain.

Sumber : 40 Anak Muda Terkaya di Dunia

0 masukan:

Posting Komentar

 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Entri Populer

Copyright © ♥•*¨*•.¸¸Pelangi Ukhuwah¸¸.•*¨*•♥ All Rights Reserved • Design by Dzignine
best suvaudi suvinfiniti suv